Hal – hal yang Patut di Waspadai Saat Berlibur di Pulau Tidung

Belibur di Pulau Tidung memang mengasyikan dan memberikan banyak kenangan indah yang tentunya akan dikenang hingga waktu yang sangat lama. Akan tetapi ada saja hal – hal yang sebaiknya patut di waspadai dan tidak Anda lakukan selama berlibur di Pulau Tidung supaya semua pengalaman yang tersisa benar – benar yang indah – indahnya saja. berikut daftarnya :

Saat Berlibur di Pulau Tidung

Cuaca yang Panas Menyengat Saat Berlibur di Pulau Tidung

Daerah pantai berkaitan erat dengan panas menyengat yang bisa membakar kulit, untuk itu agar kulit tidak gosong atau mengelupas karena teriknya matahari dan kelembaban udara yang rendah, maka pakailah sunblock di seluruh bagian tubuh yang tidak tertutupi dan juga jangan lupa menggunakan penutup kepala atau topi agar kulit kepala tidak kepanasan. Pakai ulang sunblock kira  kira 4 – 5 jam kemudian agar perlindungan yang diberikan tetap merata.

Dehidrasi Saat Berlibur di Pulau Tidung

Cuaca yang panas serta jadwal kegiatan selama berlibur di Pulau Tidung yang padat mudah membuat tubuh kehilangan cairan tanpa kita sadari, efeknya badan bukannya terasa lebih segar dan bersemangat setelah berlibur malahan seluruh tubuh terasa pegal dan capek.

Mabuk Laut Saat Berlibur di Pulau Tidung

Waspadai ke Pulau Tidung bisa mencapai 3 jam lebih jika menggunakan kapal biasa, untuk itu saat berlibur di Pulau Tidung, usahakan membawa obat anti mabuk perjalanan agar di kapal Anda bisa beristirahat dengan tenang. Tidak lucu kan, yang seharusnya bersenang – senang ketika tiba di Pulau Tidung, berubah menjadi kurang bersemangat karena masih pusing mabuk laut.

Waspadai ke Pulau Tidung

Alergi Saat Berlibur di Pulau Tidung

Sebuah tempat di pinggir pantai sudah pasti memiliki hasil laut yang melimpah dan mudah ditemui. Seperti itu pula di Pulau Tidung, banyak makanan atau jajanan yang berasal dari olahan hasil laut. Mungkin sekilas Anda tidak akan menyadari bahwa olahan makanan tersebut mengandung salah satu hasil laut karena pengolahannya yang beraneka ragam. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki alergi terhadap makanan laut tertentu, sebaiknya menanyakan dahulu kepada penjual mengenai kandungan dari makanan yang ia jual atau menanyakan apakah makanan tersebut menggunakan bahan makanan atau seafood yang membuat Anda alergi.

Bulu Babi

Jangan dibayangkan babi sungguhan ya karena babi yang satu ini merupakan hewan laut yang banyak terdapat di sekitar pantai. dikarenakan warnanya yang gelap, terkadang sulit untuk melihat bulu babi baik di pasir maupun di dalam laut saat snorkling,jadi harus di waspada medan yang akan di gunakan untuk spot snorkeling.

Bahaya dari bulu babi sendiri ini beraneka ragama, bisa gatal, rasa panas atau pun rasa pegal seperti disengat lebah. Jika Anda sampai tersengat bulu babi, pastikanlah memberi tahu salah satu rekan Anda agar segera di bawa ke Puskesmas sekitar untuk diobati.

berlibur ke Pulau Tidung

Snorkling di malam hari

Snorkling di malam hari ketika berlibur di Pulau Tidung termasuk berbahaya karena, Anda tidak akan bisa melihat dasar laut dengan jelas, bisa – bisa jika tidak hati – hati, kaki Anda akan tersandung karang atau benda tajam lainnya.Umumnya waktu snorkling di Pulau Tidung hanya sampai sore hari saja, sekitar pukul 5:30 sore, setelah itu para wisatawan akan bersama – sama melihat matahari terbenam yang bisa terlihat cantik di jembatan cinta.

Selalu dekat dengan rombongan saat snorkling

Apa saja bisa terjadi di laut meskipun hanya snorkling saja, tiba – tiba kejadian gawat bisa langsung terjadi tanpa Anda sadari, ini karena alam tidak bisa ditebak. Untuk itu, agar menghindari kejadian fatal, usahakan jangan berjauhan dari teman supaya bila salah satu terkena masalah, yang lain bisa membantu. Pastikan pula patuhi apa yang disampaikan oleh guide selama snorkling agar semuanya berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

Awas Karang

Karang didalam laut memang terlihat indah, apalagi jika didekatnya banyak gerombolan ikan – ikan kecil berlarian mengelilingi karang tersebut. Rasa ingin memegang karang itu pasti tiba – tiba muncul, tapi sebisa mungkin tahanlah diri kalian untuk menyentuh karang yang ada di dalam laut, ini karena tidak semua karang aman bagi kita dan efek yang ditimbulkan bisa berbahaya.Usahakan menggunakan pakaian snorkling yang lengkap seperti sepatu boot dan juga sarung tangan agar jika kita mengenai obyek – obyek yang tajam, tubuh kita tidak terluka. Goresan luka yang terkena air laut yang asin sangat perih sekali lho.

Iritasi Mata

Angin yang berhembus semilir memang bisa membawa kesejukan tapi, angin ini juga bisa membawa butiran – butiran pasir hingga sampai ke wajah dan bagian mata. Mengucek – ucek mata yang kemasukan pasir bukanlah solusi yang tepat untuk mengatasinya. Bawalah obat tetes mata agar ketika mata kemasukan benda asing, tetes mata ada di tangan untuk membereskan semuanya.

Bagaimana mengenai hal – hal yang harus diwaspadai di atas selama berlibur di Pulau Tidung, semoga hal ini bermanfaat bagi Anda yang ingin segera mengunjungi pulau nan cantik ini ya. satu lagi, saat berlibur jangan lupa untuk menghargai orang lain karena berkunjung ke Pulau Tidung saat weekend biasanya sangat penuh dan ramai sehingga pasti ada saja kejadian sepele yang melibatkan orang lain. Jika selama berlibur kalian bisa menghargai orang lain, pasti Anda akan dihargai juga dan liburan pun akan terasa lebih menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


CAPTCHA Image
Reload Image

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.