http://razapanditatidung.com/wp-content/uploads/2013/09/header-pulau-tidung1.jpg

Pulau Tidung – Surga Wisata Indonesia

Pulau Tidung dan Kepulauan Seribu

Pulau Tidung adalah salah satu pulau yang merupakan bagian dari gugusan Kepulauan Seribu. Meski namanya Kepulauan Seribu, bukan berarti jumlah pulau-pulaunya sebanyak seribu buah. Kepulauan Seribu merupakan gugusan pulau-pulau yang berjumlah sekitar 342 pulau, termasuk pulau-pulau pasir dan terumbu karang. Nama Seribu sebatas menggambarkan begitu banyak jumlah pulau di dalamnya. Dari sejumlah pulau tersebut, tidak semua pulau pada gugusan Kepulauan Seribu didiami manusia. Lebih dari itu, hanya sebagian kecil saja pulau-pulau yang ditempati dan berpenduduk.

pulau-tidung-jembatan-cinta

Pulau Tidung adalah yang terbesar dan salah satu pulau yang paling padat penduduknya. Secara administrasi, status Pulau Tidung adalah sebuah kelurahan yang merupakan bagian dari kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, di bawah Kabupaten Kepulauan Seribu yang merupakan bagian dari Provinsi DKI Jakarta, Indonesia.

Pulau Tidung dan Potensi Wisata Kepulauan Seribu

Gugusan Kepulauan Seribu memiliki potensi yang tidak kecil untuk pengembangan berbagai macam industri, antara lain pertambangan, perikanan serta yang paling utama ialah pariwisata.
Potensi pariwisata ini sangat menjanjikan, selain tentu saja karena eksotika dan keindahan pantai dan lautnya, terutama juga karena lokasi yang tidak jauh dari pulau Jawa, terutama Jakarta.

Pulau Tidung terletak relatif dekat dengan ibukota Jakarta, sehingga Anda tidak perlu menghabiskan waktu dan uang hanya untuk perjalanan wisata ke sana . Untuk yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya Anda cukup menggunakan transportasi kapal kecil untuk sampai ke Pulau Tidung, seolah hanya sepelemparan batu dari ibukota. Pulau Tidung menawarkan pantai ekslusif, malam berbintang dan komunitas penduduk yang sangat ramah. Dan tidak seperti Puncak atau Bandung , Anda tidak akan mengalami kemacetan selama perjalanan laut.

Pulau Tidung sendiri terbagi menjadi dua pulau . Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Pulau Tidung hanya sekitar 200 meter panjang dengan lebar 5 kilometer, dan merupakan rumah bagi sekitar 4.000 jiwa. Kontur tanah yang ramping memberikan Tidung bentuk yang unik dan menarik . Sebuah pulau yang terdiri atas jalan kecil, dengan bentangan pantai indah di kiri dan kanan, pantai pasir putih dan air biru jernih yang mengelilingi seluruh pantai pulau . Perairan Tidung cukup dangkal, dan hampir semuanya ditumbuhi dengan terumbu karang beberapa inci di bawah permukaan airnya.

Terumbu karang dalam kondisi sangat baik dan penuh dengan koleksi warna-warni ikan tropis dan makhluk laut eksotis. Anda mungkin tidak percaya tentang hal ini, mengingat Tidung hanya 30 kilometer dari daratan Jawa, dan secara administrasi merupakan bagian dari Jakarta ! Tapi ini nyata, bahwa Anda  bisa melihat terumbu karang yang tak kalah indah dengan Bunaken, tidak perlu jauh-jauh ke Sulawesi. Cukup ke Pulau Tidung. Wow.

Reservasi Pulau Tidung

Pariwisata di pulau Tidung adalah wisata berbasis masyarakat dan semata-mata dioperasikan oleh penduduk setempat dari pulau, Akomodasi di Tidung sebenarnya rumah-rumah penduduk yang telah dihiasi dan ber-AC dan berubah menjadi semacam homestay , cocok untuk menampung pengunjung dan wisatawan. Meski sederhana, tapi hampir semua homestay difasilitasi dengan kamar yang bersih, nyaman, dan Anda bisa beristirahat dengan tenang.

Karena jumlah penduduk terbatas dan homestay pun terbatas, jika Anda ingin berlibur ke Pulau Tidung, sangat disarankan untuk melakukan booking terlebih dahulu, agar  Anda bisa memperoleh homestay yang memiliki venue terbaik,

Untuk reservasi dan paket wisata terbaik, Anda bisa menghubungi crew RazapanditaTidung di nomor : 081219925756 – 085717631793  PIN BB : 222648DC (CP. Yakub).

Selamat  bertemu dan berlibur di Pulau Tidung...
1 Comment
  1. 4 years ago
    pulau tidung

    selamat ats website barunya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *