Tips Menikmati Liburan Hemat di Pulau Tidung

Pulau Tidung selalu ramai dikunjungi saat musim liburan atau akhir pekan tiba. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta menjadi salah satu alasan mengapa pulau ini sangat ramai dikunjungi beberapa tahun ini. Selain karena alasan itu, untuk bisa menikmati liburan menyenangkan di Pulau Tidung juga tidak harus menghabiskan budjet yang banyak. Asalkan anda tahu dimana selah nya untuk berhemat, pasti dana yang akan anda keluarkan tidak akan membengkak. Nah, untuk mengetahui selah berhemat itu, silakan simak informasi di bawah ini ya.

Pelabuhan Pulau Tidung

Pilihan kapal

Untuk menuju Pulau Tidung ada 2 pelabuhan yang bisa anda pilih, masing – masing pelabuhan itu memiliki jenis kapal, waktu tempuh dan harga yang berbeda -beda.

Pelabuhan Muara Angke

Kapal Tradisional Muara Angke

Menggunakan Kapal Kayu Tradisional

Pada pelabuhan ini, jenis kapal yang disediakan adalah kapal kayu dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam. Kapal akan mulai berangkat dari pelabuhan hanya pada pukul 08:00 WIB setiap hari dengan rute Pulau Untung Jawa, Pulau Pramuka, Pulau Kelapa, Pulau Harapan, Pulau Tidung , Pulau Panggang dan Pulau Pari. Kira kapal berangkat sekitar pukul 8 pagi, tapi anda harus ada disini paling tidak pada pukul 6 untuk antri membeli tiket karena jika harus kehabisan berarti anda harus menunggu kapal ke bulan. Tarif yang harus Anda bayarkan untuk perjalanan seperti itu adalah Rp. 50.000,00.

Menggunakan Kapal Express Bahari

Waktu tempuh yang diperlukan untuk menuju Pulau Tidung dengan Kapal Motor jauh lebih singkat dari pada menggunakan kapal kayu namun, tentu saja biaya yang lebih besar. Anda paling tidak harus merogok kocek sebesar Rp 95.000,00 atau lebih untuk bisa sampai ke Pulau Tidung. Jadwal keberangkatan kapal 1 jam yaitu pukul pukul 08.00 dan pukul 11.00 WIB (tergantung situwasi). Acara begitu, Anda tetap harus ada di pelabuhan paling tidak pada pukul 7 untuk membeli tiket.

Kapal Express Bahari

Dermaga Marina Ancol

Kapal yang digunakan untuk menuju Pulau Tidung dari Dermaga Marina Ancol adalah kapal yang termahal, tarifnya bahkan mencapai Rp. 300.000,00 / orang. Tapi, memang waktu yang diperlukan jauh lebih singkat dari pada kedua kapal tadi.

Dari 3 pilihan kapal di atas, Anda bisa memilih akan naik kapal yang mana. Bila ingin biaya yang paling murah, pilih kapal kayu dan ingin kapal yang lebih cepat pilih kapal Express Bahari atau dari Dermaga Marina Ancol.

Penginapan

Ada banyak jenis penginapan di Pulau Tidung , dari harga Rp 250.000 sampai Rp 500.000. Harga tersebut tentu bisa naik lagi. Untuk itu, demi hemat anggaran tapi, tanpa mengurangi euforia liburan, kita bisa menggantinya dengan menikmati sensasi berkemah ala Pulau Tidung Kecil yang hanya murah kurang Rp 20.000. Dengan berkemah ini kita tidak hanya bisa menghemat biaya namun juga bisa menikmati sensasi lain liburan di Pulau Tidung, benar kan?

Transportasi di Pulau Tidung

Kapal Marina Ancol

Transportasi termasuk faktor yang sangat penting selama liburan, tidak banyak pilihan mode transportasi yang bisa dipilih disini karena memang pulau tidung tidak terlalu luas. Tapi tenang, alih – alih Anda harus menggunakan bentor yang mahal setiap kali berpergian, Anda masih bisa memilih sepeda yang tarif sewanya dihitung dalam harian. Kira – kira untuk menyewa satu sepeda Anda perlu membayar sekitar Rp 20.000, lumayan hemat kan?

Makanan

Untuk masalah makanan memang agak sulit untuk berhemat karena ini memang perlu perut. Akankah demi bisa liburan tanpa merogoh kocek berlebih, kita bisa membawa perbekalan dan peralatan masak sendiri dan di daerah berkemah. Kalau sudah begini, dana yang digunakan untuk jatah makan bisa dipakai untuk menikmati wisata seperti penangkaran penyu di Pulau Tidung Kecil misalnya.

Tempat wisata

Terakhir dalam tips menikmati liburan hemat tentu spot wisata tidak bisa dilupakan akankah, karena dari awal kita berlibur dengan dana yang terbatas pasti kita harus pandai memilih spot wisata yang tidak ada banyak biaya. Spot – spot wisata Itulah tengah spot Pantai, mulai dari berfoto ria di atas ayunan tengah laut di Pantai Saung Cemara Kasih untuk melihat sunset di Pantai Saung Perawan. Selain pantai yang hilang juga masih banyak pantai yang tidak kalah indah dan tentunya.

Tempat Wisata Pulau Tidung

Bagaimana? Dari tip -tips di atas memang terbuktikan, semoga liburan menyenangkan di Pulau Tidung juga bisa sambil berhemat. Bahkan dengan mengakali tarif penginapan yang mahal kita jadi bisa menikmati sensasi lain tidur di alam terbuka Pulau Tidung. Oiya, jika ditotal dari semua dana yang anda butuhkan selama berlibur juga tidak akan lebih dari Rp 300.000. Jadi tidak ada alasan untuk menunda liburan karena anggaran terbatas dan harus berhemat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


CAPTCHA Image
Reload Image

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.